Program “Walk to School” yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandung, telah dilaksanakan di beberapa sekolah. Program ini bertujuan untuk menghindari kamacetan di sekitar sekolah yang umumnya disebabkan oleh kendaraan pengantar anak sekolah. Petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bandung ikut membantu menyukseskan program tersebut. Sejumlah petugas diturunkan bersama relawan untuk membantu mengantar anak-anak sampai sekolah.

Program Walk To School merupakan langkah nyata untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi saat pagi. Program tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Dinas Perhubungan Kota Bandung, Polrestabes Bandung, relawan dan pihak sekolah.

Pemerintah Kota Bandung terus mengupayakan mengatasi permasalahan kemacetan yang ada di Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan uji coba rekayasa beberapa ruas jalan. Ruas jalan tersebut, Jalan Natuna – Jalan Sunda, Jalan Sentot Ali Basa, Jalan Dr. Rum – Dr. Susilo, Jalan Supadio – Lanud Husein Sastranagara, dan Jalan Setiabudhi. Ruas yang dilakukan rekayasa lalu lintas merupakan titik-titik kemacetan yang sering terjadi konflik lalu lintas.