Dikarenakan kerapnya pengendara kendaraan bermotor melakukan parkir sembarangan, Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan penindakan cabut pentil bagi kendaraan yang parkir sembarangan.

Giat penegakan hokum (GAKKUM) penindakan cabut pentil tentunya diimplementasikan dengan SOP, berikut adalah SOP giat GAKKUM:

  1. Melalui pengeras suara akan dihimbau dengan sopan agar pelanggar memindahkan kendaarannya, selanjutnya mengucapkan terima kasih.
  2. Apabila belum dipindahkan, petugas mencari informasi terlebih dahulu tentang keberadaan pemilik/pengemudi kendaraan yang melanggar di sekitar lokasi pelanggaran.
  3. Ditunggu selama 5 menit, bila memang tidak ada pemilik/pengemudinya baru dilakukan Cabut Pentil (hanya 1 ban yang dicabut pentilnya).
    Catatan: Bila setelah 5 (lima) menit pemilik/pengemudi kendaraan ada maka dilakukan tilang oleh petugas Polantas. Untuk kendaraan yang di cabut pentil, akan diberi stiker khusus.

Silakan berbelanja tapi parkir pada tempatnya, karena apapun yang pada tempatnya akan indah. Yuk biasakan tertib dan disiplin tidak parkir pada tempat yang salah,kamu taat bandung hebat.