Pengadaan Sarana Angkutan Umum/Khusus (TMB)

Trans Metro Bandung

TMB

Trans Metro Bandung (TMB) merupakan salah satu moda transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah kota Bandung yang diwujudkan dengan bus, tentunya keberadaan dari Trans Metro Bandung diharapkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, sehingga terciptanya angkutan umum perkotaan yang aman, nyaman, mudah, tepat waktu, dan tarif yang terjangkau disertakan dengan standar pelayanan yang prima.

Tujuan adanya Trans Metro Bandung (TMB) agar terciptanya angkutan umum perkotaan yang aman, nyaman, mudah, tepat waktu, tarif yang terjangkau dengan standar pelayanan prima. Saat ini, pemerintah Kota Bandung telah menyediakan dua koridor TMB dengan rute Jln. Elang (Cibeureum)–Jln. Sukarno Hatta–Cibiru (Koridor 1) dan Jln. Elang (Cibeureum)–Jalur tengah–Cicaheum (Koridor 2). Pada tahun 2014, koridor 3 dengan rute Sarijadi/Setra Sari–Surya Sumantri–Dr. Junjunan–Surapati–Cicaheum pun siap diresmikan. Secara keseluruhan, Pemerintah Kota Bandung berencana untuk menyediakan 13 koridor TMB.

Selain pengembangan trayek Trans Metro Bandung, proyek ini juga disertai dengan pengadaan bus disepanjang koridor TMB baik bus konvensional maupun bus elektrik. Berikut ini adalah keunggulan bus listrik yang menggunakan konfigurasi sistem pengisian baterai ultra cepat dan dilengkapi juga sistem reuse baterai:

  1. Menggunakan sistem pengisian ultra-cepat (baterai pintar+charger ekstracepat), dan secara signifikan mengurangi waktu pengisian;
  2. Baterai dapat digunakan kembali setelah melalui analisis langsung terhadap data kinerja sisa SCiBTM (tergantung pada tingkat kerusakan baterai).

Selain itu, bus elektrik ini juga memiliki sistem operasi sensing (penginderaan) untuk kondisi lalu lintas, kelebihannya yaitu:

  1. Memberikan informasi prediktif (memprediksi lalu lintas) tentang kepadatan lalu lintas dan atau jalan yang bebas;
  2. Memantau kondisi lalu lintas secara langsung melalui Visconti2TM, yaitu kamera yang dilengkapi chip pemrosesan gambar;
  3. Memberikan hasil pantauan melalui satelit berupa penggambaran informasi kondisi lalu lintas dan memberikan perkiraan yang tepat rute bebas melalui layar peta di dalam bus.