Berikut Program-Program Unggulan Kota Bandung

PROGRAM UNGGULAN KOTA BANDUNG

Bike Sharing


Pembangunan bike sharing ini adalah salah satu upaya pemerintah kota Bandung untuk mengurangi tingkat volume kendaraan bermotor yang tinggi yang mengakibatkan kepadatan lalu lintas jalan raya, selain untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya, pemerintah kota Bandung juga bertujuan untuk mengembalikan budaya bersepada pada masyarakat kota Bandung khususnya dan umumnya wisatawan yang datang berekreasi ke kota Bandung. Pembangunan bike sharing ini tentunya juga diimbangi dengan pembangunan sarana jalur sepeda, agar warga atau wisatawan yang bersepeda dapat bersepeda dengan aman dan nyaman.

Bus Sekolah


Bus sekolah adalah upaya pemerintah kota Bandung untuk memberikan pelayanan kepada pelajar SD dan sederajat, SMP dan sederajat, dan SMA sederajat untuk mendapatkan sarana transportasi yang nyaman, aman, cepat dan murah (gratis). Pengadaan bus sekolah ini juga dapat difungsikan sebagai media edukasi tertib berlalu lintas dan keselamatan transportasi, penghargaan terhadap fasilitasi publik bagi pelajar, sehingga tidak hanya sebagai sarana transportasi, di dalam bus ini pelajar mendapatkan edukasi-edukasi.

Trans Metro Bandung


Trans Metro Bandung (TMB) merupakan salah satu moda transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah kota Bandung yang diwujudkan dengan bus, tentunya keberadaan dari Trans Metro Bandung diharapkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, sehingga terciptanya angkutan umum perkotaan yang aman, nyaman, mudah, tepat waktu, dan tariff yang terjangkau disertakan dengan standar pelayanan yang prima.

Bus Wisata


Berkaca dari negara-negara maju yang telah mampu menjual wisata kota, solusi persoalan tersebut adalah city tour on bus. Tujuan pengadaan bus wisata bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan kepada wisatawan saat berwisata di Kota Bandung. Dengan demikian, wisawatan tidak akan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum lain sehingga tingkat kepadatan lalu lintas akan berkurang. Pemerintah kota Bandung merealisasikan sarana bus wisata ini dengan BANDROS (Bandung Tour On Bus), dengan BANDROS ini wisatawan dapat bepergian ke tempat-tempat wisata kota Bandung berdasarkan dengan rute yang disesuaikan, dan juga tentunya wisatawan disuguhkan dengan pengalaman menarik saat berwisata di kota Bandung.

Jalur Untuk Pejalan Kaki


Untuk mewujudkan green transport sebagai rangkaian dari pembangunan kota yang berdesain Transit Oriented Development, tentunya pemerintah kota Bandung menyiapkan rancangan pembangunan trotoar dan skywalk. Pembangunan jalur pejalan kaki ini juga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warga dan wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung. Di jalur pejalan kaki ini, akan dibangun sarana-sarana sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan bagi pejalan kaki, seperti kursi-kursi dan meja yang dapat digunakan para pejalan kaki untuk beristirahat, serta fasilitas-fasilitas lainnya, sehingga dapat menarik animo masyarakat untuk berjalan kaki.

Walk To School


Program “Walk to School” yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandung, telah dilaksanakan di beberapa sekolah. Program ini bertujuan untuk menghindari kamacetan di sekitar sekolah yang umumnya disebabkan oleh kendaraan pengantar anak sekolah. Petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan Kota Bandung ikut membantu menyukseskan program tersebut.

Penertiban di Persimpangan


Untuk meningkatkan budaya disiplin warga kota Bandung khususnya dan warga pendatang pada umumnya, Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Polrestabes Kota Bandung bekerjasama untuk melakukan tindak pelarangan hingga penilangan bagi para pengendara

Pemberian Hadiah Disiplin Persimpangan


Untuk meningkatkan budaya disiplin berlalu lintas, kami bekerja sama dengan AUTO2000 akan memberikan apresiasi untuk kalian warga Bandung (pengendara mobil) yang berkenan tertib menjadi teladan bagi pengguna jalan lainnya sebagai.

Penegakan Hukum Parkir Liar (Gakkum)


Dikarenakan kerapnya pengendara kendaraan bermotor melakukan parkir sembarangan, Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan penindakan cabut pentil bagi kendaraan yang parkir sembarangan.

“Kota yang baik bukanlah kota dimana orang kecil berpergian dengan mobil, melainkan kota tempat orang kaya menggunakan transportasi umum."