Ingin Meminta Rekaman CCTV ATCS? Simak Syaratnya!

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung punya layanan unggulan dalam mengawasi dan bantu menyampaikan imbauan tertib berlalu-lintas bagi pengendara bernama Area Traffic Control System (ATCS).

Melalui layanan ATCS ini, petugas yang memantau kondisi arus lintas dan pengendara di sejumlah persimpangan jalan besar di Kota Bandung secara real time akan menegur mereka yang melanggar aturan berlalu lintas.

Para petugas ATCS yang berada di ruang khusus di Balai Kota Bandung ini memantau kondisi lalu lintas lewat layar yang terkoneksi dengan CCTV yang terpasang di area traffic light, dan akan menegur serta memberi imbauan pengendara yang tak tertib melalui pengeras suara.

Namun, layanan ATCS ini ternyata bukan hanya berfungsi menegur dan menyampaikan imbauan agar tertib berlalu lintas bagi para pengendara, tapi juga menyediakan layanan bantuan lain bagi warga Kota Bandung. ATCS menyediakan layanan akses rekaman ratusan CCTV bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi jika masyarakat ingin mengakses sejumlah rekaman CCTV ATCS ini. Jika ada CCTV khusus yang ingin diakses oleh masyarakat, silakan datang ke Kantor ATCS yang berlokasi di Balai Kota Bandung Gedung Barat Lantai 3 pada hari kerja dan dengan membawa surat pengajuan permohonan permintaan rekaman CCTV.

Khusus untuk laka lantas dan tindak pidana seperti kejahatan dan pencurian yang dimana menjadi kewenangan Kepolisian, diharuskan menyertakan surat tanda laporan dari Kepolisian. Hal ini sebagai bukti bahwa laka lantas dan tindak pidana yang dimaksud dalam proses penyelidikan Kepolisian.

Setelah surat disposisi masuk ke bagian ATCS, saat itu juga pelayanan akses rekaman CCTV yang dibutuhkan pemohon bisa dibuka.

Bagi masyarakat yang membutuhkan akses rekaman CCTV persimpangan lalu lintas di Kota Bandung ini harus segera datang ke Kantor ATCS maksimal 14 hari pascakejadian.

Selain itu, ATCS Kota Bandung memiliki beberapa pelayanan lain khususnya untuk memantau situasi lalu lintas, serta edukasi tertib lalu lintas bagi anak-anak sekolah, nama programnya Sabtu Seru yang diikuti anak-anak sekolah dari jenjang SD-SMA. Program edukasi tersebut mengenai keamanan lalu lintas.

Dalam menjalankan fungsinya, ATCS berkolaborasi dengan jajaran Polrestabes Bandung, PMI dan Dinas Kebakaran untuk memantau keamanan lalu lintas.

Selama ini, melalui pengawasan CCTV, tim ATCS bersama polisi juga sudah berhasil meringkus pelaku pembegalan di beberapa titik. Melalui CCTV ini gambaran para pelaku bisa diketahui, sehingga pelakunya sudah tertangkap.

Tak lupa ia berpesan agar masyarakat Kota Bandung selalu bisa tertib berlalu lintas saat berkendara. ATCS akan selalu memantau 24 jam untuk memastikan lalu lintas di Kota Bandung berjalan aman.